Jenis Investasi Reksa Dana Buat Mahasiswa dengan Modal 100 Ribuan, Mau?

Jika Anda bertanya, kapan waktu terbaik untuk berinvestasi bagi mahasiswa? Sekaranglah waktu yang paling tepat! Tidak perlu modal yang besar, hanya dengan mengandalkan sisa uang jajan Rp100.000 Anda bisa bermain saham lewat jenis investasi reksa dana ini.

Sebagai mahasiswa modern Anda pasti memiliki tingkat literasi keuangan. Sisa uang jajan jangan dulu dihabiskan buat belanja, mending investasi reksa dana. Namun demikian, agar bisa meraup untung yang maksimal, sebagai langkah awalnya Anda harus mengerti apa itu investasi reksa dana dan saham. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Jenis Investasi Reksa Dana Buat Mahasiswa dengan Modal 100 Ribuan

Reksa dana adalah kumpulan dana dari investor yang dikelola oleh Manajer Investasi, yakni orang yang profesional dan memiliki keahlian tertentu di bidang investasi. Dana investor akan dikelola dengan baik pada berbagai instrumen investasi seperti deposito, saham, obligasi dan instrumen keuangan lain.

Lalu, pengertian saham sendiri adalah sebuah bukti kepemilikan nilai perusahaan. Semakin besar saham yang dimiliki maka semakin besar pula kekuasaan pemilik saham di perusahaan tersebut. Dan berikut ini adalah jenis investasi reksa dana buat mahasiswa yang harus Anda tahu:

  • Reksa dana campuran
  • Reksa dana pendapatan tetap
  • Reksa dana pasar uang

Tiap jenis reksa dana tersebut pastinya memiliki ciri dan karakteristik tersendiri tentang potensi rugi dan untungnya. Berikut adalah keuntungan investasi reksa dana buat mahasiswa:

  • Reksa dana campur dan saham berpotensi menghasilkan untung sekitar 15% sampai 20% per tahun
  • Reksa dana pasar uang berpotensi menghasilkan untung sekitar 5% sampai 7%
  • Reksa dana pendapatan tetap berpotensi menghasilkan untung sekitar 8% sampai 12%

Tapi perlu diingat, potensi untung dalam menjalankan investasi reksa dana ini tidak dijamin secara pasti. Alasannya, besarnya hasil investasi sangat bergantung pada kinerja dari Manajer Investasi. Ketika memulai investasi Anda harus memahami bahwasannya semakin tingginya potensi keuntungan yang didapat, maka semakin besar pula resiko investasi tersebut.

Bagi mahasiswa yang baru mulai belajar berinvestasi, sebaiknya memilih jenis investasi reksa dana pasar uang terlebih dulu. Karena jenis reksa dana tersebut memiliki fluktuasi pasar lebih rendah. Apabila modal investasi awalnya sebesar Rp100.000 per bulan, maka dalam kurun waktu 4 tahun berapa hasil investasi reksa dana yang didapatkan?

Jika rata-rata hasil investasinya sebesar 12% per tahun, maka uang yang didapatkan dari investasi reksa dana selama 1 tahun sebesar Rp5.500.000. Apabila dicermati lebih dalam lagi, investasi jenis ini juga bisa membantu seseorang untuk bisa membeli rumah pertamanya.

Jika Anda akan segera lulus kuliah, kerja dalam waktu 5 tahun ingi membeli sebuah hunian? Nah, makanya jangan tunda-tunda lagi untuk berinvestasi.

Beruntung, sebab saat ini untuk membeli reksa dana bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, yakni secara online. Secara umum, berikut ini adalah cara membeli reksa dana secara online yang harus Anda tahu:

  • Sebagai langkah pertama yang harus dilakukan untuk membeli reksa dana secara online adalah mendaftarkan akun Anda. Disini Anda hanya memerlukan KTP untuk mendaftar.
  • Pilih reksa dana yang ingin Anda beli.
  • Pelajari dengan baik cara kerja investasi reksa dana.
  • Pelajari cara optimalisasi investasi.
  • Pelajari resiko-resiko investasi reksa dana agar Anda bisa menghindarinya.
  • Review kembali hasil investasi agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Tinggalkan komentar