Cara Menghasilkan Cuan di Pasar Modal dengan Cepat

Apa itu pasar modal? Dan bagaimana cara menghasilkan cuan di pasar modal? Simak panduannya disini!

Pengertian pasar modal (capital market) adalah pasar untuk berbagai instrumen keuangan dalam jangka waktu panjang, yang kemudian diperjual belikan, baik obligasi, saham, reksa dana, instrumen derivatif maupun instrumen lain. Umumnya pasar modal dijadikan sbagai sarana pendanaan bagi perusahaan atau pun institusi lain bagi kegiatan investasi. Dengan demikian, pasar modal akan memfasilitasi berbagai sarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait yang lain.

Cara Menghasilkan Cuan di Pasar Modal dengan Cepat

Tak bisa dipungkiri ada banyak investor pemula yang memiliki ekspektasi dalam trading untuk bisa melipat gandakan modal dan mendapatkan cuan yang luar biasa dalam waktu sesingkat-singkatnya. Sayangnya, mereka justru mengalami kerugian. Hal tersebut tak lepas dari bekal dan ilmu di bidang investasi saham yang dimilikinya masih sangat minim, ditambah lagi mereka tidak memiliki mentor yang lebih berpengalaman.

Agar lebih gampangnya, berikut kami akan bagikan cara menghasilkan cuan di pasar modal yang bisa dicoba.

Hindari Averaging Down

Sebagai pemula, Anda mungkin pernah membeli saham lalu harganya terju bebas, lalu Anda melakukan pembelian kembali dibawah dengan anggaran harga saham sudah murah? Jika pernah, artinya Anda telah melakukan averaging down.

Ini adalah kegiatan membeli kembali suatu saham setelah harganya mengalami penurunan dari level buy. Contohnya seperti berikut:

Pembelian 1 lot saham BBRI

Harga sahamRp4.000
Harga saham turun ke levelRp3.000

Jika Anda membeli 1 lot sham BBRI denga harga Rp3.000, maka rata-rata harga pembelian Anda akan mengalami penurunan dari Rp4.000 menjadi Rp3.500.

Strategi ini umumnya dinamakan sebagai strategi averaging down.

Disiplin dan Jangan Takut Cut Loss

Sebagai investor Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menjual saham ketika harga turun dibawah harga beli. Kebanyakan investor bukannya membatasi kerugian saat harga mengalami penurunan dibawah harga beli, mereka justru memilih untuk membeli kembali saham tersebut dengan cara melakukan averaging down.

Mereka berharap jika harga saham masih akan naik lagi dan tak jarang pula harapan tersebut tidak terjadi, malahan harga saham semakin turun tajam. Anggapan yang seperti ini sangat berbahaya sekali, sebab kerugian atau resiko yang semestinya bisa dibatasi justru menjadi semakin besar dan memakan modal Anda lebih banyak lagi.

Start Small

Cara menghasilkan cuan di pasar modal yang lainnya adalah porsi trading dari modal Anda. Ketahui berapa banyaknya dana yang diperlukan untuk ditradingkan dari modal Anda tersebut? Apa 10-20% dari modal atau bahkan 50-80% dari modal Anda?

Filosofi dalam memahami hal demikian sebenarnya mudah sekali, apabila Anda tidak bisa menghasilkan cuan yang konsisten dengan menggunakan 10-20% modal Anda, lalu kenapa Anda harus menambah porsi trading menjadi 50-80% dari modal Anda?

Apabila Anda menggunakan porsi trading yang kecil dari modal yang dikeluarkan, apabila harga berbalik arah tak sejalan dengan analisis Anda, maka Anda tidak akan kehilangan banyak uang dari modal Anda, begitu pun sebaliknya. Ini adalah cara paling efektif untuk mengontrol resiko yang akan dihadapi, sehingga trading Anda akan lebih aman dengan resiko yang terkendali di kedepannya.

REFERENSI

  • Pasar Modal – Pengertian, Jenis dan Contohnya. Diakses 10 November 2020
  • Tips Menghasilkan Uang di Pasar Modal. Diakses 10 November 2020
  • Foto diambil dari situs swara.tunaiku.com. Diakses 10 November 2020

Tinggalkan komentar