Cara Menghitung Jebakan Rasio Risk/Reward Investasi Saham

Tertarik untuk belajar investasi saham? Cara menghitung jebakan rasio risk/reward berikut penting untuk  Anda ketahui.

Secara umum, pengertian saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak dalam suatu perusahaan, maupun perorangan. Dengan menyerahkan modal investasi, artinya pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan. Maksud dari klaim disini, yakni klaim atas aset perusahaan dan memiliki hak hadir dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Cara Menghitung Jebakan Rasio Risk/Reward Investasi Saham

Pada dasarnya mengontrol manajeme resiko dalam investasi saham adalah tindakan paling tepat dan harus dipahami dengan baik, terutama bagi para pemula. Ketika Anda akan melakukan analisa resiko, maka Anda bisa melakukan dua pendekatan, yakni analisa teknikal dan fundamental dengan ilustrasi rasio resiko berikut.

  • Memahami prospektus saham dari perusahaan yang dipilih
  • Harga saham yang murah belum tentu baik, begitupun sebaliknya
  • Membeli saham harga murah belum tentu pilihan yang tepat
  • Investor profesional biasanya tidak mempermasalahkan membeli ketika harga saham mengalami kenaikan selama bisa dijual dengan harga lebih mahal

Kembali ke pokok pembahasan di awal, di bawah ini adalah cara menghitung jebakan rasio risk/reward investasi saham yang harus Anda tahu.

Soal

  • Andi meminta pinjaman sebesar Rp500.000 kepada Joko.
  • Andi mengatakan akan membayarnya sebesar Rp600.000 dalam waktu dua minggu. Namun, Joko tidak tertarik. Lalu, Andi mengatakan akan membayarnya sebesar Rp1.500.000.
  • Joko melihat peluang tersebut dan tertarik. Ilustrasinya sebagai berikut.

Jawab

Pinjaman AndiRp500.000
Durasi dan pengembalian pinjaman2 minggu dengan total pengembalian pinjaman sebesar Rp1.500.000 kepada Joko
Rasio risk/rewardDengan demikian risk/reward rasionya bagi Joko adalah 3:1. Mengapa? Karena joko dijanjikan mendapat 3 kali lipat dari yang dipinjamkan. Intinya Joko merisikokan Rp500.000 untuk mendapat Rp1.500.000 (3x dari total pinjaman).

Jebakan

Ingat rasio, tinggi bukan berarti masuk akal. Dalam kehidupan nyata, masa iya Anda mau meminjamkan orang uang dengan iming-iming akan dikembalikan sebesar 3 kali lipat dalam 2 minggu?

Tentu Anda akan bertanya-tanya sebelum meminjamkan uang kepada orang seperti itu.

Risiko Saham

Perlu diketahui, saham pada dasarnya masuk dalam deretan investasi dengan return terbaik, namun memiliki resiko yang cukup besar. Sebagai panduannya, umumnya para investor dapat melihat pergerakan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) sebagai salah satu dasar dalam pengambilan keputusan.

Misalnya, sejak tahun 2002 silam sampai sekarang, IHSG mengalami kenaikan hingga 1.344.55% dalam kurun waktu 14 tahun dari 424.9 menjadi 5.742. Jika dirata-rata per tahunnya jumlahnya menjadi 89%. Artinya, ini merupakan indikator investasi yang cukup menarik sekali.

Tentunya, sebagai pemula penting bagi Anda untuk mengetahui cara meminimalkan resiko dalam investasi saham. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda pahami terlebih dulu dalam langkah-langkah kalkulasi risk/reward.

  • Memilih saham dengan fundamental yang bagus
  • Tidak meletakkan semua investasi dalam satu jenis
  • Saat bermain ke dunia saham, membeli apa yang Anda tahu dan memahami apa yang akan Anda beli
  • Menggunakan prinsip dasar trading, yakni membeli saham harga rendah dan menjual kembali saat harga saham tinggi
  • Melatih pengalaman mulai dari harga saham murah

Investasi atau trading saham sebenarnya mudah untuk dijalankan, asalkan Anda sendiri yang sudah mengalaminya. Selain itu, Anda harus tetap fokus dan sering mengikuti kelas trading. Ketika Anda memutuskan untuk memulai investasi saham, sebaiknya Anda lebih menahan diri untuk mengambil keuntungan secara tergesa-gesa.

Tidak hanya itu, Anda pun juga tidak disarankan untuk cepat-cepat mengambil aksi spekulasi, perlu uang Anda ambil, nanti justru merugi. Apabila yang demikian Anda lakukan malah membuat Anda kerepotan. Jika Anda sudah investasi, silakan investasi saja dalam jangka panjang.

REFERENSI

  • Investasi Saham: Hal-Hal Dasar yang Mesti Anda Ketahui. Diakses 15 November 2020
  • Bagaimana Cara Menghitung dan Mengelola Risiko Investasi Saham yang Tepat? Ini Jawabannya. Diakses 15 November 2020
  • Foto diambil dari situs traderpemenang.com. Diakses 16 November 2020

Tinggalkan komentar