Pilihan Investasi Saham yang Aman Ditengah Pandemi COVID-19

Investasi saham ditengah pandemi COVID-19, kenapa tidak? Berikut kami bagikan informasi seputar pilihan investasi saham yang aman ditengah pandemi COVID-19 yang harus Anda tahu.

COVID-19 (corona virus) adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus bernama “Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-Co V-2). COVID-19 bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, mulai dari gejala ringan seperti flu hingga yang lebih parah, yakni infeksi paru-paru seperti pneumonia.

Belajar investasi saham ditengah pandemi COVID-19 sah-sah saja, asalkan Anda tepat dalam memilih jenis investasi. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Pilihan Investasi Saham yang Aman Ditengah Pandemi COVID-19

SBR (Surat Utang Pemerintah)

Ini adalah pilihan investasi saham yang aman ditengah pandemi COVID-19 pertama berupa SUN (Surat Utang Negara, atau SBN (Surat Berharga Negara). Jenis investasi saham tersebut ditawarkan oleh pemerintah untuk individu maupun perorangan WNI (Warga Negara Indonesia). Artinya, investasi jenis tersebut dijamin oleh negara sehingga jauh lebih aman, terutama bagi para pemula.

Anda yang baru terjun ke dunia investasi saham bisa banget mencoba investasi SBR. Modal investasi saham ini sangat minim, yakni mulai Rp1 juta. Selain itu, cara investasi saham SBN mudah sekali, sebab sifatnya sama seperti tabungan dan tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder.

Melalui jenis investasi tersebutlah, Anda sebagai investor hanya mendapat untung, tapi Anda juga turut berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia. Di tahun 2020, pemerintah diketahui sudah merencanakan akan terbitkan 6 SBN, yakni:

SBR00927 Januari-13 Februari 2020
SR-01224 Februari-19 Maret 2020
SBR01023 Juni-9 Juli 2020
ST00728 Agustus-23 September 2020
ORI0171 Oktober-22 Oktober 2020
ST00826 Oktober-12 November 2020

Logam Mulia

Logam mulia atau yang juga disebut dengan emas batangan ini juga menjadi salah satu jenis investasi yang paling diminati, terutama bagi para milenial. Investasi logam mulia bisa dibilang paling aman dilakukan oleh pemula, mengingat resiko investasi logam mulia tersebut sangat kecil dan banyak keuntungan yang didapatkan.

Selain itu, jenis investasi tersebut juga relatif lebih stabil dan mengalami kenaikan di atas inflasi, bahkan meski ditengah pandemi seperti sekarang. Tidak hanya itu, investasi logam mulia juga mudah diperjual belikan. Anda hanya perlu membeli logam mulai dengan jumlah uang yang sudah disiapkan sebelumnya, atau sekarang ini Anda juga bisa memulainya dengan cara menabung emas.

Namun demikian, Anda juga tidak disarankan untuk sembarangan dalam berinvestasi logam mulia. Alasannya, kini semakin banyak lembaga investasi abal-abal yang mengatasnamakan tabungan logam mulia. Disarankan agar Anda menabung emas batangan di bank atau membelinya di PT. Antam (Aneka Tambang. Jangan lupa, simpan dibrankas di rumah.

Properti Rumah Tipe Sederhana

Meski masih ada banyak orang yang tidak bisa lepas dari gaya hidup tinggi dan boros, tetapi ada pula yang sudah mulai mencoba menyisihkan uangnya untuk berinvestasi. Misalnya dengan membeli properti rumah tipe sederhana yang memiliki 1 atau 2 kamar tidur.

Jangan dulu berpikiran tidak bisa karena harga rumah mahal banget, proses investasi rumah yang susah dan lainnya. Karena pada kenyataannya sekarang ini Anda sudah lebih dimudahkan lagi dalam pembelian rumah berkat adanya subsidi dari pemerintah. Bahkan proses pembelian rumah sederhana ini pun bisa dilakukan melalui pengajuan KPR bank.

REFERENSI

  • Jangan Takut Investasi Kala Virus Corona Merebak, Ini Tipsnya. Diakses 23 November 2020
  • COVID-19 – Gejala, Penyebab dan Mengobati. Diakses 23 November 2020
  • Foto diambil dari situs tokopedia.com. Diakses 23 November 2020

Tinggalkan komentar