Sejarah dan Profil PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI)

PT Mitra Adiperkasa Tbk. dengan kode emiten MAPI merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri retail. Saat ini, MAP memiliki banyak portfolio retail yang hampir sebagian besar merupakan merek populer internasional. Sebagian besar produk dengan market lifestyle hampir tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan, hingga kini perusahaan sudah membuka lebih dari 2600 gerai ritel dari total keseluruhan merek. Beberapa kategori dari produk retail yang ditawarkan seperti fashion, kids, food and beverage, sports dan produk populer lainnya. Bahkan, PT Mitra Adiperkasa Tbk. juga menawarkan department store yang memiliki pangsa pasar menengah atas.

Jumlah dari merek yang masuk dalam portfolio MAPI saat ini lebih dari 150. Sebagian besar dari merek itu seperti Starbucks, Zara, Marks & Spencer, SOGO, SEIBU, Oshkosh B’Gosh, Reebok dan lainnya. Hingga kini MAPI sudah memiliki sekitar 25 ribu pekerja dengan konsep ritel mencapai 110. Seluruh produk dan layanan yang diberikan dari MAPI sudah menjangkau sekitar 81 kota di Indonesia. Tentu saja perkembangan yang sangat pesat ini akan memberikan pengaruh pada bisnis di masa depan dengan menambah produk dan konsep retail lainnya. Selain itu, MAPI akan menambah jumlah gerai.

Pertumbuhan retail dan merek yang semakin baik membuat MAPI mendapatkan penghargaan pada tahun 2012 sebagai Most Admired Companies (Top 20) dari Fortune Indonesia. Selain itu, Forbes Indonesia juga memberikan penghargaan pada tahun 2011 yang menjadikan MAPI masuk dalam Top 40 Companies.

Kapan Mitra Adiperkasa pertama kali IPO?

Sejak mulai beroperasi dari tahun 1995, MAPI mengalami pertumbuhan industri yang sangat pesat. Bahkan, jumlah gerai terus bertambah dengan diikuti merek besar yang masuk dalam ritel. Ini yang membuat perusahaan mengambil langkah besar untuk melakukan perdagangan saham pertama kali atau IPO.

PT Mitra Adiperkasa Tbk. melakukan IPO pertama kali pada 10 November 2004. Jumlah saham yang pertama kali diterbitkan terdiri dari Saham Penawaran mencapai 500.000.000 lembar dan saham pendiri sebanyak 1.160.000.000. Keseluruhan dari saham yang terdaftar pada penawaran pertama kali mencapai 1.660.000.000.  Jumlah penawaran saham ini terkonversi hingga 30,12% dari total keseluruhan yang dimiliki oleh perusahaan.

Pada saat penawaran pertama kali, nilai saham yang diberikan 625 per lembar. Setelah penawaran, perusahaan mendapatkan pendanaan hingga 312.500.000.000. Dana ini digunakan untuk pengembangan bisnis hingga saat ini. Biro administrasi efek yang terintegrasi dengan perusahaan ini yaitu PT. Datindo Entrycom.

Siapa pemilik Mitra Adiperkasa

Dalam data yang dikeluarkan oleh bursa efek, Mitra Adiperkasa dimiliki oleh PT. Satya Mulia Gema. Perusahaan ini juga yang menjadi pemegang saham terbesar di MAPI. Hingga kini struktur manajemen yang dimiliki PT. Mitra Adiperkasa menempatkan Sri Indraastuti Hadiputranto sebagai Presiden Komisaris dan Herman Benhard Leopold Mantiri sebagai Presiden Direktur.

Berikut ini merupakan pembagian saham yang terdiri dari:

Nama pemegang sahamJumlah sahamPersentase
PT. Satya Mulia Gema Gemilang8.466.000.000 lembar51,00%
Publik8.073.613.400 lembar49,00%

Performa saham Mitra Adiperkasa

Pada awal tahun 2020 saham MAPI memang terkoreksi cukup dalam. Bahkan, penurunan harga saham juga terus berlangsung dengan adanya pandemi covid-19. Ini membuat saham sempat berada di titik terendah hingga nilai 575 per lembar. Apalagi pemberlakuan dari PSBB oleh pemerintah membuat banyak gerai yang dimiliki MAPI harus ditutup. Hal ini dikarenakan sebagian besar dari gerai atau outlet berada di pusat perbelanjaan seperti Mall. Tentu saja ini memberikan dampak pada pembukuan keuangan yang semakin menurun.

Namun, sejak memasuki Q4 performa saham mengalami kenaikan meskipun sebagian besar kota di Indonesia masih memberlakukan PSBB. Hal ini dikarenakan MAPI juga menawarkan produk melalui catalog online yang membuat kinerja keuangan perusahaan masih terjaga. Hingga kini level tertinggi dari saham yang dimiliki MAPI mencapai 915. Apalagi pada Juni 2020, perusahaan masih mencatatkan pendapatan hingga 4,41 triliun pada Q1.

Menurut IDN Financials, kinerja keuangan pada kuartal ketiga mengalami penurunan yang tajam. Perusahaan mencatatkan kerugian hingga 603 milyar. Ini akan mempengaruhi nilai saham pada tahun berikutnya.

Informasi umum tentang Mitra Adiperkasa

PT. Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) merupakan distributor yang bergerak dalam bidang ritel untuk berbagai produk. Kategori dari produk yang ditawarkan seperti ritel pakaian, sepatu, tas dan peralatan olah raga, hingga ritel dalam food and beverage. Hingga kini MAPI sudah memiliki ribuan gerak yang berada di lokasi kota besar termasuk Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Medan, Makassar, Batam, Manado dan lainnya.

ALAMAT

Sahid Sudirman Center, 29th Floor

Jl. Jend. Sudirman Kav. 86

Central Jakarta

DKI Jakarta

10220

TELEPON / FAX

(+62 21) 80648498 / (+62 21) 5746786

Referensi

https://www.map.co.id/id/about-us/ (diakses 20 Desember 2020) https://www.idnfinancials.com/id/mapi/pt-mitra-adiperkasa-tbk (diakses 22 Desember 2020)

Tinggalkan komentar