Sejarah dan Profil PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. (TKIM)

PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia. Tbk dengan kode emiten TKIM merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri olahan kertas. Perusahaan ini didirikan pada 2 Oktober 1972 dengan pendirinya yaitu Eka Tjipta Widjaya. Nama Tjiwi pada perusahaan merupakan akronim dari nama pendiri.

Pada awalnya, perusahaan ini memang berada dalam industri Chemical Plant. Lokasi pabrik yang berada di Desa Kramat Tumenggung, Sidoarjo ini awalnya hanya memiliki lahan pabrik dengan luas 12 Ha. Namun, seiring berkembangnya industri perusahaan memiliki lahan pabrik dengan luas sekitar 300 Ha. Jumlah karyawan yang awalnya hanya 30 orang kini menjadi lebih dari 13 ribu karyawan.

Perusahaan ini mulai melakukan produksi untuk olahan kertas pada tahun 1978 dengan bergabunganya perusahaan dalam industri olahan bahan baku kertas atau pulp yaitu Pindo Deli di wilayah Karawang. Pada awal produksi perusahaan ini hanya menggunakan mesin bekas untuk produksi kertas yang berasal dari Thailand.

Produksi awal perusahaan ini mencapai 10 ribu ton kapasitas dengan lebar sekitar 1,75 meter per tahun. Awalnya, bahan baku untuk industri produksi kertas ini menggunakan ampas tebu yang sering disebut dengan bagas. Namun, kini perusahaan sudah menggunakan bahan baku kertas murni untuk mendukung produksi.

Produksi pertama yang dilakukan PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia terdiri dari beberapa bagian. Kategori produksi itu mencakup Converting Factories, Paper Factories, dan Chemical Plant. Khusus untuk produksi Paper Factories terdapat banyak produk yang telah dimiliki. Seluruh dari mesin yang digunakan untuk produksi bagian ini menghasilkan banyak jenis kertas. Bahkan, sebagian besar dari kertas yang digunakan untuk berbagai kebutuhan perkantoran berasal dari unit produksi ini. Semakin bertambah kebutuhan untuk kertas dan olahan produk kertas membuat perusahaan ini terus meningkatkan produksi. Bahkan, perusahaan ini juga terus melakukan ekspansi sesuai dengan peningkatan kapasitas produksi dalam jangka waktu yang panjang.

Kapan PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk pertama kali IPO?

Kebutuhan produk olahan kertas yang semakin meningkat membuat PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia mendapatkan pendanaan dari IPO. TKIM pertama kali melakukan perdagangan saham di lantai bursa pada 3 April 1990. Jumlah saham perdana yang dilakukan terdiri dari Saham Penawaran dan Saham Pendiri. Jumlah Saham Penawaran yang diberikan pertama kali sebanyak 9.300.000 lembar dan jumlah Saham Pendiri yang ditawarkan mencapai 11.400.000 lembar. Ini membuat total jumlah saham yang diperdagangkan mencapai 20.700.000 lembar.

Total dari saham yang ditawarkan bila dikonversi mencapai 44,93 persen dari keseluruhan yang dimiliki oleh perusahaan. Pada saat pertama kali melakukan penjualan saham ditawarkan dengan harga 9500. Dana yang terkumpul dari penjualan saham pertama kali oleh perusahaan ini mencapai 88.350.000.000. Perusahaan menggunakan Biro Administrasi Efek melalui PT. Sinartama Gunita.

Siapa pemilik PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk

Perusahaan ini masuk dalam Grup Sinar Mas yang memang mengelola berbagai bidang industri. Secara struktural manajemen, saat ini perusahaan ini dikendalikan oleh Suhendra Wiriadinata sebagai Presiden Direktur dan Saleh Husin yang menjabat sebagai Presiden Komisaris. Para pemegang saham dari PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia terdiri dari:

Nama pemegang sahamJumlah SahamPersentase
PT.Purinusa Ekapersada1.857.744.987 lembar59,67%
Publik1.255.478.583 lembar40,33%

Performa saham PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk

Pada awal tahun 2020, TKIM memiliki nilai saham yang mencapai 9150. Namun, pada saat pandemi Covid-19 perusahaan mengalami penurunan pembukuan keuangan. Hal ini dikarenakan sebagian besar wilayah di Indonesia memberlakukan PSBB. Bahkan, pembatasan dari kegiatan perkantoran juga memberikan dampak yang sangat besar bagi produksi hingga pemasaran dari produk. Hal ini ditunjukkan pada Mei 2020 membuat saham dari perusahaan mencapai titik terendah hingga 3970 per lembar.

Namun, Pada Q3 perusahaan mengalami perbaikan dalam pembukuan keuangan. Hal ini ditunjukkan dengan kenaikan nilai saham secara signifikan. Bahkan, ini juga akan berdampak pada sektor produksi dari perusahaan yang mulai menyesuaikan dengan kebijakan new normal. Selain itu, menurut IDN Financials, TKIM juga membukukan laba bersih pada 2019 yang mengalami penurunan menjadi 166,52 juta USD.

Informasi umum tentang PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk

PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk dengan kode emiten TKIM merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri pembuatan kertas atau olahan kertas. Ada banyak produk yang diproduksi dari perusahaan ini. Perusahaan ini masih masuk dalam Grup Sinar Mas dan sudah mulai memproduksi dari tahun 1977.

ALAMAT

Sinar Mas Land Plaza, Tower 2, 7th Floor

Jl. M.H. Thamrin No. 51

Central Jakarta

DKI Jakarta

10350

TELEPON / FAX

(+62 21) 29650800, 29650900 / (+62 21) 3927685

Referensi

http://www.tjiwi.co.id/index.php/about-us (diakses pada 20 Desember 2020) https://www.idnfinancials.com/id/tkim/pt-pabrik-kertas-tjiwi-kimia-tbk (diakses pada 22 Desember 2020)

Tinggalkan komentar